BERBAGI ILMU YANG BERMANFAAT

Sunday, July 30, 2017

Kumpulan Soal Jawab Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Bagian 2

1. Apa tujuan Pemerintahan Republik Indonesia pada masa pemerintahan perdana menteri Djuanda (1985) memperjuangkan Konsepsi Wawasan Nusantara pada forum internasional ? Jelaskan !
Jawab : 
Tujuan pemerintah RI pada masa pemerintahan perdana menteri Djuanda dalam memperjuangkan konsepsi wawasan nusantara yaitu, pemerintah memandang kepulauan Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh dan pemerintah Indonesia juga menganggap perlu untuk mengamankan SDA yang terdapat dalam wilayah laut nasional.

2. Sebutkan tujuan dan fungsi Wawasan Nusantara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia !
Jawab :
Tujuan wawasan nusantara:
  • Mewujudkan satu kesatuan segenapa aspek kehidupan nasional baik alamiah maupun aspek sosial, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam.
  • Mewujudkan kebahagiaan, ketertiban dan perdamaiaan bagi seluruh ummat manusia di dunia.
Fungsi wawasan nusantara:
  • Mempersatukan seluruh komponen bangsa untuk tetap menjadi satu kesatuan.
  • Merupakan ajaran dasar yang melandasi kebijakan dan strategi pembangunan nasional dalam mencapai tujuan nasional. 
3. Mengapa Wawasan Nusantara dijadikan sebagai landasan visional dalam pembangunan nasional indonesia ? Jelaskan !
Jawab :
Wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia yang melihat Indonesia sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan Hankam yang merupakan landasan dan dasar hakekat untuk mencegah ancaman yang timbul baik dari luar maupun dari dalam yang dapat merusak keutuhan bangsa Indonesia.

4. Jelaskan hubungan antara pembangunan nasional, wawasan nusantara, dan ketahanan nasional !
Jawab :
Dalam pembangunan nasional diperlukan wawasan nusantara sebagai landasan. Karena dengan mengetahui keadaan bangsanya dapat lebih mudah melaksanakan pembangunan nasional dan dapat pula memperkuat ketahanan nasionalnya, karena tanpa wawasan nusantara dan ketahanan nasional yang saling mendukung maka pembangunan nasional tidak dapat terlaksana dengan sempurna.

 Baca juga :
5. Konsep wawasan nusantara diakui secara internasional dan ditandatangani pada Konvensi Hukum Laut Internasional III di Jamaica pada tahun 1982. Jelaskan dampak positifnya bagi negara Indonesia dari sudut politik dan ekonomi !
Jawab :
  • sudut pandang politik: dari hasil konvensi hukum laut internasional III negara Indonesia mendapat tambahan luas wilayah yaitu luas wilayah perairannya yang dimana negara Indonesia dapat memanfaatkannya dan mempunyai wewenang politik di wilayahnya itu.
  • sudut pandang ekonomi : dampak positif dalam ekonomi Indonesia sebgaimana Indonesia telah memiliki SDA yang melimpah dapat dieksploitasi sehingga berdampak pada pembangunan nasional.
6. Jelaskan hubungan antara wawasan nusantara dengan integrasi nasional !
Jawab :
Jika wawasan nusantara terpenuhi maka secara tidak langsung integrasi nasional.  wawasan nusantara bertujuan untuk menyatukan, mewujudkan satu kesatuan aspek kehidupan nasional.

Baca juga : Kumpulan Soal Jawab PKN Bagian 1

7. Wawasan nusantara dijadika sebagai metode pembangunan nasional Indonesia yang dikenal sebagai metode ASTA GATRA. Jelaskan pelaksaan metode ASTA GATRA tersebut !
Jawab :
Aspek-aspek kehidupan ini berjumlah 8 (astagatra) terdiri dari :
  1. Aspek Alamiah (Trigatra) , terdiri dari:
  • letak serta kondisi geografis Indonesia
  • keadaan dan sumber kekayaan alam
  • keadaan dan kemampuan penduduk
      2. Aspek Sosial (Pancagatra) , terdiri dari:
  • Ideologi Politik
  • Ekonomi
  • Sosial-Budaya
  • Pertahan Keamanan
 Kesemuanya ini merupakan metode dari ASTA GATRA yang dimana merupakan dasar dari wawasan nusantara untuk meperkuat ketahanan nasional dalam pembangunan nasional



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Soal Jawab Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Bagian 2

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan Komentar terbaik mu, boleh cantumkan link blog anda asalkan sesuai dengan topik materi